Mengapa kitab madzhab Syafi�i menyebut ijma� dan qiyas sebagai landasan hukum?



 
Mengapa kitab madzhab Syafi�i menyebut ijma� dan qiyas sebagai landasan hukum?
 
Berdasarkan hadits:
???????? ???????? ?????????? ???? ?????????? ??????????? ??????? ????? ??????????
 
Maka landasan hukum di dalam Islam itu hanya dua, yaitu al-Qur�an dan Hadits. Mengapa di dalam kitab-kitab madzhab Syafi�i ada dua masukan sebagai landasan hukum, ijma� dan qiyas?
Kalau menurut prinsip dari pendirian golongan syi�ah, memang ijma� dan qiyas itu tidak dapat digunakan sebagai landasan Hukum. Akan tetapi bagi madzhab Syafi�i dan juga madzhab mu�tabar yang lain, menggunakan ijma� dan qiyas sebagai landasan hukum itu, tidak menyimpang dari Al-Qur�an dan Hadits, sebab Al-Qur�an dan Hadits sendiri juga memerintahkan supaya kita menggunakan Ijma� dan Qiyas. Kami persilahkan baca Al-Qur�an ayat 115 di dalam surat An-Nisa�:
?????? ????????? ?????????? ???? ?????? ??? ????????? ???? ???????? ??????????? ?????? ???????? ??????????????? ????????? ??? ???????? ?????????? ????????? ????????? ?????????.
 
Barang siapa menentang Rasul sesudah terang petunjuk baginya dan menuruti selain jalannya ornag-orang mu�min, maka Allah membiarkan akan dia bersama apa yang dia sukai, dan Allah akan memasukkan dia di dalam neraka jahannam, sejelek-jelek tempat kembali.
Hadits Shohihain:
?????????? ????????? ???? ??????? ??????????? ????? ???????? ??? ??????????? ??????? ???? ???????????.
 
Tidak henti-hentinya segolongan dari umatku, selalu terang-terangan bersama-sama membela hak (kebenaran), tidak mempengaruhi mereka tentangan orang-orang yang menentang kepadanya.
Kami persilahkan baca ayat surat Al-Hasyr:
?????????????? ??? ?????? ????????????
 
Maka ambil contohlah engkau, hai orang-orang yang mempunyai pengertian.
Surat Amirul Mu�minin Umar bin Khottob yang ditujukan kepada Abi Musa Al-Asy�ari:
?????????? ?????????? ??????? ?????? ???????? ?????? ?????? ??? ??????? ????? ??? ???????? ????? ???? ??????????? ?????? ??????
 
Pahamilah! Pahamilah! Di dalam apa yang datang kepadamu, daripada yang tidak ada di dalam Al-Qur�an dan sunah Rasul, kemudian kiaskanlah perkara-perkara itu ketika perkara-perkara itu tidak ada di dalam Al-Qur�an dan Hadits.

0 Response to "Mengapa kitab madzhab Syafi�i menyebut ijma� dan qiyas sebagai landasan hukum?"

Post a Comment